Blog Tentang Berbagai Macam Hal Dan Berbagi Informasi

Terbaru

Minggu, 04 November 2018

Tutorial Codeigniter Lengkap : Installasi Dan Konfigurasi




CodeIgniter merupakan aplikasi open source yang berupa kerangka kerja PHP dengan model MVC (Model, View, Controller) untuk membangun website dinamis dengan menggunakan PHP. CodeIgniter memudahkan pengembang web untuk membuat aplikasi web dengan cepat mudah dibandingkan dengan membuatnya dari awal. CodeIgniter dirilis pertama kali pada 28 Februari 2006. Versi stabil terakhir adalah versi 3.0.6. 

Model View Controller merupakan suatu konsep yang cukup populer dalam pembangunan aplikasi web, berawal pada bahasa pemrograman Small Talk, MVC memisahkan pengembangan aplikasi berdasarkan komponen utama yang membangun sebuah aplikasi seperti manipulasi data, user interface, dan bagian yang menjadi kontrol aplikasi. Terdapat 3 jenis komponen yang membangun suatu MVC pattern dalam suatu aplikasi yaitu :

  1. View, merupakan bagian yang menangani presentation logic. Pada suatu aplikasi web bagian ini biasanya berupa file template HTML, yang diatur oleh controller. View berfungsi untuk menerima dan merepresentasikan data kepada user. Bagian ini tidak memiliki akses langsung terhadap bagian model.
  2. Model, biasanya berhubungan langsung dengan database untuk memanipulasi data (insert, update, delete, search), menangani validasi dari bagian controller, namun tidak dapat berhubungan langsung dengan bagian view.
  3. Controller, merupakan bagian yang mengatur hubungan antara bagian model dan bagian view, controller berfungsi untuk menerima request dan data dari user kemudian menentukan apa yang akan diproses oleh aplikasi.

Dengan menggunakan prinsip MVC suatu aplikasi dapat dikembangkan sesuai dengan kemampuan developernya, yaitu programmer yang menangani bagian model dan controller, sedangkan designer yang menangani bagian view, sehingga penggunaan arsitektur MVC dapat meningkatkan maintanability dan organisasi kode. Walaupun demikian dibutuhkan komunikasi yang baik antara programmer dan designer dalam menangani variabel-variabel yang akan ditampilkan.

Langkah 1 : Installasi Codeigniter
  • Pertama, download dulu package resmi codeigniter di situs resminya. Disini
  • Setelah itu, ekstrak file codeigniter yang sudah di download tadi dan arahkan ke folder C:\xampp\htdocs.
  • Terakhir, nyalakan xampp & ketikan localhost/nama_folder dibrowser.

Langkah 2 : Konfigurasi CI

1. Config.php
config.php di framwork Codeigniter terletak di nama_folder/application/config/config.php 

$config['base_url'] = 'http://localhost/nama_folder';

$config['index_page'] = 'index.php';

2. routes.php
routers.php terletak di nama_folder/application/config/routes.php

$route['default_controller'] = "";

3. database.php

file database.php jugat terletak pada lokasi folder_ci/application/config/database.php. Pada file ini yang harus kita setting hanyalah pada bagian script :
$db['default']['hostname'] = 'localhost';
$db['default']['username'] = 'root';
$db['default']['password'] = 'password database';
$db['default']['database'] = 'nama database';
silahkan isi konfigurasi database.php sesuai dengan konfigurasi pada database kalian, jika kalian tidak mengubah ubah password di mysql / xampp biarkan saja kosong ' ' pada bagian password

4. autoload.php

file autoload.php jugat terletak pada lokasi folder_ci/application/config/autoload.php. Pada file ini yang harus kita setting hanyalah pada bagian script :
$autoload['libraries'] = array('database');

Sekian Tutorial Codeigniter dari saya, sampai jumpa di tutorial selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar